Selasa, 11 Mei 2010

Tulisan

TEKNIK MANAJEMEN STRES

Mengatasi tekanan stres yang kita hadapi tidak mudah karena stress memasuki hampir semua sendi kehidupan manusia. Banyak sekali hal-hal dalam keseharian yang dapat membuat stress. Dan dampak dari stres sama sekali tidak ringan . Selain menggerogoti fisik dan emosi juga membuat tubuh rentang terhadap penyakit. Pada kondisi tertentu stres bisa membuat orang histeris. Untung mengurangi tekanan stress anda dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

 Cobalah untuk olah raga pernapasan. Anda bisa mengambil napas dalam-dalam dan membuangnya pelan-pelan. Ini berguna untuk menurunkan kecepatan detak jantung. Anda dapat lakukan sebanyak lima kali berturut-turut dan anda akan merasa ketenangan.
 Carilah media untuk relaks seperti mendengarkan musik.
 Yoga. Latihan yang mengandalkan aktivitas fisik dan filosofi ini dapat meredakan emosi kita dan melepas stress dari pikiran serta tubuh kita. Yoga juga dapat mengombinasikan teknik pernapasan dan gerakan-gerakan yang membuat tubuh sehat.
 Meditasi bisa berarti doa dan merenung. Jauhkan pikiran Anda dari semua yang bersifat duniawi untuk sesaat. Anda juga bisa melakukannya sambil menggunakan aroma terapi.
 Stretching. Stress kadang membuat otot dalam tubuh kita tegang. Kepala jadi sakit, leher kaku dan pundak letih. Latihan peregangan membuat otot lebih relaks dan menolong kita untuk bernapas lebih dalam. Lakukan pemanasan selama beberapa menit saat bekerja dan rasakan otot berkerja secara perlahan dan beritme.
 Peduli pada situasi yang sulit Anda control. Terkadang kita terjebak dalam situasi-situasi sulit yang memang tidak mungkin kita atasi dalam waktu singkat. Untuk itu kita harus lebih efektif, jangan biarkan masalah menghinggapi secara berlarut-larut.

Referensi : Tabloid Bintang Indonesia Edisi 862 Tahun ke XVII Minggu Pertama November 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar