Selasa, 11 Mei 2010

Tulisan

Mitos Kecantikan

Kita mungkin sering mendengar orang bilang kalau “ Bulu atau rambut tumbuh lebih lebat bila dicukur. Tapi apakah mitos tersebut benar atau salah maka perlu kita lihat atau buktikan berdasarkan kondisi yang sebenarnya.

Mitos : Cokelat, goreng-gorengan dan junk food dapat menimbulkan jerawat.
Fakta : Penelitian menyatakan ketiga jenis makanan ini tidak ada hubungannya dengan jerawat. Tapi dengan mengonsumsi buah dan sayuran dapat menghasilkan kulit yang lebih sehat.

Mitos : Pasta gigi dapat mengusir jerawat.
Fakta : Pasta gigi yang mengandung mentol membantu mengeringkan jerawat . Tapi waspada dari dampak kandungan lain yang ada pada pasta gigi. Jadi untuk menghilangkan jerawat gunakan krim penghilang jerawat yang sudah terjamin.

Mitos : Kulit kering menyebabkan keriput
Fakta : Kulit kering membuat keriput lebih ketara atau jelas tapi bukan sebagai penyebab keriput melainkan matahari, bertambahnya usia, rokok dan diet yang salah.

Mitos : Menyikat rambut 100 kali sehari akan mengilaukan rambut.
Fakta : Terlalu banyak, malah dapat merusak rambut. Sikatan lembut dengan beberapa gerakan saja cukup melenyapkan atau menghilangkan kotoran dan menstimulasi darah mengalir ke kulit kepala, menutrisi folikel dan menjaga kesehatannya.

Mitos : Menyilangkan kaki salah satu penyebab varises.
Fakta : Menyilangkan kaki mungkin menonjolkan urat halus kecil di area pergesekan , tapi buka varises. Berdiri terlalu lama penyebabnya, membuat pembulu darah vena kurang lancar memompa aliran darah dari kaki ke jantung. Kehamilan, obesitas, dan faktor genetic penyebab lain.

Mitos : Minum air mencegah kulit kering.
Fakta : Yang menjaga kelembaban kulit adalah minyak bukan air. Minum 8 kali sehari tentu memuluskan kerja organ tubuh, tapi bukan berarti kulit anda tak terlihat kering.

Mitos : Bulu atau rambut tumbuh lebih lebat bila dicukur.
Fakta : Karena Bulu atau rambut merupakan jaringan mati, mencukurnya tidak mungkin membuat Bulu atau rambut tumbuh lebih lebat.

Mitos : Kutikula kuku akan menebal apabila digunting.
Fakta : Kutikula kuku tumbuh lebih tebal dan cepat merupakan reaksi refleks tubuh melindungi kuku apabila kutikula digunting.

Mitos : Pemakaian cat kuku sepanjang waktu akan membuat kuku menguning.
Fakta : Kuku mudah menyerap pigmen dalam cat kuku. Terutama yang kegelapan seperti merah dan cokelat. Jadi sebelum menggunakan cat kuku warna-warni, lapisi kuku dengan cat kuku bening untuk mencegah penyerapan pigmen.




Referensi : Tabloid Bintang Indonesia Edisi 862 Tahun ke XVII Minggu Pertama November 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar