Selasa, 11 Mei 2010

Tulisan

FAKTOR YANG BERPERAN DALAM DISFUNGSI PERUT

Menjaga pola makan sehat sangatlah penting, karena kalau tidak kita bisa mengalami disfungsional yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut ini faktor yang berperan dalam disfungsi perut :

 Sensitivitas dan alergi terhadap makanan. Kesalahan asupan bisa mengganggu kerja usus dan akibatnya merembet ke fungsi tubuh yang lain. Masalah ini biasanya disebabkan produk susu dan gandum.
 Stress. Tekanan perasaan, jiwa dan pikiran kadang membuat pencernaan dan eliminasi makanan terganggu. Penyebabnya, pernapasan kita mendangkal dan terhambat, dan perut tidak memperoleh pijatan yang lembut dari diafragma yang fungsinya membuat perut kita bergerak berirama dan efisien.
 Kombinasi makanan yang kurang tepat. Kadang kita makan terlalu banyak atau makan semaunya. Hal ini menimbul ada makanan yang membusuk sehingga transit menjadi lebih lama.
 Penggunaan obat-obatan. Beberapa obat seperti penghilang nyeri, antidepresan,dan obat tidur dapat menyebabkan sembelit.
 Makanan rendah serat dan cairan serta penuh dengan makanan tak bersahabat seperti gula, lemak, kopi, dan alkohol dapat mengganggu pencernaan.
 Penggunaan Pencahar. Banyak dari kita menggunakan pencahar untuk membantu pencernaan. Padahal penggunaan dalam jangka waktu lama justru melemahkan kolon, hingga dalam stadium lanjut kolon tidak dapat berfungsi tanpa bantuan pencahar.
 Terlalu lama diam. Seperti duduk terlalu lama, sedikit bergerak dan jarang berolahraga membuat kita lamban. Kurangnya aktivitas fisik memperlambat seluruh bagian tubuh, peredaran darah, termasuk buang air besar.


Referensi : Tabloid Bintang Indonesia Edisi 981 Tahun ke XX Minggu Pertama Maret 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar