Rabu, 05 Mei 2010

Tugas Bahasa Indonesia 4

MAKHLUK-MAKHLUK PENDULU MANUSIA

Binatang menyusui (mamalia) muncul di muka bumi pada zaman Tersier yang merupakan bagian dari zaman Neozoikum. Primata merupakan bagian dari mamalia yang bentuknya sejenis kera, baik itu kera-kera kecil seperti tupai ataupun kera-kera besar seperti gorila. Makhluk sejenis primata ini diperkirakan sudah ada di muka bumi sekitar 70 juta tahun yang lalu yaitu pada kala Paleosen Tua yang merupakan bagian dari zaman Tersier. Makhluk sejenis kera yang mampu berjalan dengan kedua kakinya, walaupun masih dibantu dengan kedua tanganya disebut Anthropoid. Anthropoid terdapat satu golongan lagi yang disebut Hominoid. Di dalam Hominoid terdapat dua golongan besar yaitu keluarga Pongidae dan Homo Sapiens nerupakan keluarga dari kera-kera besar. Sedangkan Hominoidae menggolongkan menjadi satu manusia purba sejenis Pithecantropus dengan Homo Neanderthalensis dengan manusia sekarang (Homo Sapiens).
Salah satu cabang dari makhluk primata yang diperkirakan berasal dari 10 juta tahun yang lalu (Kala Pliosen) adalah makhluk raksasa yang lebih besar dari gorila yaitu Giganthropus. Fosil-fosil makhluk ini ditemukan di bukit Siwalik di kaki Himalaya, dekat Simla, India Utara. Makhluk ini mempunyai kemiripan dengan Meganthropus Paleojavanicus yang ditemukan di lembah bengawan Solo. Sementara disebelah utara Kimberley, di daerah Bechuana Timur di Afrika Selatan ditemukan sekitar 65 fosil Australopithecus (kera dari selatan)yang juga diperkirakan berasal dari 10 juta tahun yang lalu.
Fosil dari keluarga Australopithecus yang diperkirakan hidup sekitar 2 juta tahun yang lalu, ditemukan di Lembah Oldovai di Tanzania Afrika Timur. Makhluk tersebut diberi nama Zinjanthropus. Makhluk ini diperkirkan mengalami zaman Glasial dan zaman Interglasial.

Sumber : Habib Mustopo, M., dkk, Dr., Prof., Sejarah, 2003, Penerbit Yudistira, Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar