Rabu, 28 Oktober 2009

tugas perilaku konsumen:keputusan pembelian

NAMA : SRI RAHAYU

NPM : 11207045

KELAS : 3EA01

TUGAS PERILAKU KONSUMEN

HARGA KEBUTUHAN NAIK

Menjelang lebaran harga kebutuhan pokok naik hingga berkali-kali lipat. Kenaikkan harga ini tak hanya membuat para pembeli kebinggungan, tetapi para pedagangan yang merasa modal mereka berkurang karena mereka harus mengeluarkan modal yang lebih besar dibandingkan sebelumnya. Seperti harga cabe merah yang melonjak yang sebelumnya Rp. 35.000,00 per kilo menjadi Rp. 40.000,00 per kilo. Begitu juga dengan harga gula pasir yang sebelumnya Rp. 8.000,00 per kilo menjadi Rp. 12.000,00 per kilo. Itu pun pedagang hanya memperoleh keuntungan sedikit. Hal ini disebabkan oleh jumlah pasokan yang berkurang sedangkan jumlah permintannnya meningkat. Seperti kenaikan bahan baku untuk membuat kue sehingga mempengaruhi keputusan untuk membeli kue atau membuat kue saja. Mungkin bagi yang yang tradisi di keluarganya membuat kue akan tetap membuat kue walaupun bahan bakunya mahal tetapi bagi yang di keluarganya tidak membuat kue mungkin akan membeli saja karena menghemat waktu dan tidak memerlukan tenaga. Fenomena kenaikakan harga ini biasa berlanjut sampai lewat lebaran. Keadaan ini pun bisa lebih parah karena para pedagang pun hanya sedikit yang berjualan, sehingga mereka pun bisa menjualnya lebih tinggi. Para pembeli pun semakin pusing karena dihadapkan pada pengambilan keputusan untuk membeli barang. Biasanya mereka bisa membandingkan harga dengan pedagang lain atau pun dapat membeli ditempat lain tetapi kali ini tidak. Oleh sebab itu pembeli harus lebih selektif untuk memenuhi kebutuhan menjelang lebaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar