Rabu, 28 Oktober 2009

tugas individu 3

SRI RAHAYU-11207045-3EA01

Pengaruh Kualitas Teknik, Kualitas Fungsional, Aktivitas Dan Pemasaran Tradisional Terhadap Citra Perusahaan PT. TELKOM KANTOR DAERAH TASIKMALAYA

Kartawan 1, Toto Sugiharto S. 2, Sumarno 3

tsharto@gunadarma.ac.id

Pascasarjana Universitas Gunadarma

PT. Telkom Tasikmalaya

v Tema

Citra perusahaan PT. Telkom Kantor Daerah Tasikmalaya.

v Latar Belakang Penelitian

Semakin ketatnya persaingan bisnis mendorong semua perusahaan untuk mencari solusi agar perusahaan tetap bertahan dan memenangkan pesaingan bisnis. Oleh sebab itu perusahaan berusaha semaksimal mungkin untuk mencari pelanggan baru & mempertahankan pelanggannya. Salah satu strateginya dengan membangun citra perusahaan karena kesan baik-buruknya pelayanan pada pelanggan berpengaruh terhadap perusahaan.

v Masalah penelitian

Citra perusahaan PT. Telkom Kantor Daerah Tasikmalaya dihadapan para pelanggannya belum sepenuhnya diketahui & Pengaruh kualitas teknik, kualitas fungsional, aktivitas dan pemasaran tradisional terhadap citra perusahaan PT. Telkom Kantor Daerah Tasikmalaya.

v Tujuan penelitian

Mengukur & menganalisis Persepsi konsumen serta mengukur pengaruh dari kualitas teknik, kualitas fungsional, aktivitas dan pemasaran tradisional terhadap citra PT. Telkom Kandatel Tasikmalaya.

v Hasil penelitian ini

Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa variable kualitas teknik, kualitas fungsional, aktivitas dan pemasaran tradisional terhadap citra PT. Telkom Kandatel Tasikmalaya hal ini diindikasikan oleh nilai statistic uji yang cukup besar (F = 208.849) yang mempunyai signifikan membentuk dan membangun citra perusahaan. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh determinasi (R 2=0.479)artinya variasi dari citra dapat dijelaskan oleh kualitas teknik, kualitas fungsional, aktivitas dan pemasaran tradisional sebesar 47,9 persen. Secara parsial kualitas memberikan kostribusi teknik yang paling besar dalam membentuk citra perusahaan ditunjukkan oleh koefisien regesi 0.671 dengan hasil pengujian pada tingkat nyata sangat signifikan. variabel aktivitas pemasaran tradisional konstribusinya kecil hanya 0.063 & pengaruhnya nyata pada tingkat signifikansi yang rendah. Hal ini disebabkan karena kegiatan iklan Kemasyarakatan & kegiatan yang telah dilakukan PT. Telkom sudah dianggap baik oleh konsumen. Variable kualitas fungsional pengaruhnya tidak nyata karena masih kurang baik terutama kecepatan & ketepatan, komunikasi Petugas & Kemudahan untuk dihubungi.

v Metodologi penelitian

Penelitian dilakukan dengan metode Survei (data primer:kuesioner),data dianalisis dengan analisis regresi & korelasi. Populasi penelitian ini adalah Pelanggan Telkom yang berada di wilayah Kodya Tasikmalaya, sebanyak 22.475 pelanggan. Kerangka pengambilan contoh diambil dari buku Petunjuk telepon tahun 2001/2002. Ukuran contoh menggunakan formulasi (Zikmund, 1996) sbb :

Dimana : n : Ukuran sample yang diperlukan

N N : Ukuran populasi

n =

1 + N e2 e2 : Tingkat kesalahan 100%

Dengan menggunakan rumus diatas maka sample yang dibutuhkan adalah 100.

Variable yang dikaji kualitas teknik berkaitan dengan fasilitas & penampilan fisik dalam melayani konsumen . Variable ini diukur dengan dimensi: 1)Penampilan fisik pegawai, 2) Penampilan fisik PT. Telkom Tasikmalaya, 3)Peralatan yang digunakan perusahaan (komputer&alat-alat untuk perbaikan teknik), 4)Fasilitas fisik pelayanan (tempat parker, Ruang tunggu, ruang pelayanan, kamar mandi), 5)Kenyamanan& kebersihan, 6)Ketersediaan jaringan baru & 7)Pengetahuan teknik dari pegawai. Kualitas Fungsional diukur dengan dimensi: 1)Keramahan Petugas, 2)Kesopanan& Kesabaran Petugas, 3)Profesionalisme Petugas dalam berinteraksi dengan pelanggan, 4)Kecepatan Petugas dalam memberikan pelayanan, 5)Kemudahan konsumen menghubungi petugas jika ada permasalahan.

1). Menentukan koefisien a dan b

Koefisien Regresi : b

b = n ( ∑XY ) - ( ∑X ) . ( ∑Y )

n ( ∑X ² ) - ( ∑X ) ²

Koefisien Regresi : a

a = (∑Y) – b (∑X)

n

2). Menentukan besarnya koefisien korelasi

r = n ( ∑XY ) - ( ∑X ) . ( ∑Y )

[n ( ∑X ² ) - ( ∑X ) ²]¹’² [ n ( ∑Y ² ) - ( ∑Y ) ²]¹’²

3). Menentukan koefisien determinasi

r ²

Persamaan Regresi Linier Sederhana :

Y = a + b ( X )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar