Rabu, 28 Oktober 2009

tugas individu 2

SRI RAHAYU-11207045-3EA01

Faktor yang Mempengaruhi Sikap Audience Terhadap Product/Brand Placement dalam Acara TV (Studi Kasus Indonesian Idol 2007 & Mamamia Show 2007)

Leonid Julivan Rumambi

Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra Surabaya

Email: Scylics@petra.ac.id / Leonid.julivan@gmail.com

Blog: Http://scylics.multiply.com

Masalah&Latar belakang penelitian ini adalah Product/Brand placement merupakan suatu strategi yang dilakukan oleh banyak perusahaan pengiklan untuk menampilkan produknya dengan kesan bahwa keberadaan produk tsb seolah-olah menjadi bagian dari suatu tayangan. Melihat demikian luasnya peran Product/Brand placement dalam media partisipasinya untuk dapat meningkatkan penjualan produk maka peneliti ingin meneliti sikap audience terhadap Product/Brand placement dalam acara TV.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor utama yang mempengaruhi sikap audience terhadap product placement pada acara TV Indonesian Idol 2007 & Mamamia Show 2007. Dan untuk mengkaji faktor-faktor utama baru yang terbentuk dibandingkan dengan 4 faktor utama sebelumnya (attention, acceptance, ethics & regulation serta reference) beserta dengan 23 variabel yang menyusun/ membentuk faktor-faktor tersebut.

Populasi penelitian ini adalah audience dari acara TV Indonesian Idol 2007 & Mamamia Show 2007, dimana pengambilan sampel dilakukan secara non-probability sampling. Dalam non-probability sampling setiap unsur dalam populasi tidak memiliki kesempatan atau peluang yang sama untuk dipilih sebagai sample, bahkan probabilitas anggota populasi tertentu untuk dipilih tidak diketahui. Pemilihan unit sampling didasarkan pada pertimbangan/ penilaian subyektif & tidak pada penggunaan teori probabilitas. Jenis non-probability sampling yang dipilih adalah convenience sampling yang merupakan teknik non-probability sampling yang memilih orang-orang dari tempat/unit yang paling mudah dijumpai/diakses. Dari 185 kuesioner yang disebarkan yang dapat diolah sebanyak 125 kuesioner sampai tanggal 28 November 2007. Responden terdiri dari 67 laki-laki(53,6%)& 58 perempuan(46,4%). Prosentase responden dalm menyaksikan salah satu/kedua acara TV yang dimaksudkan, didapati mayoritas responden sebesar 60 orang(48%) ternyata pernah menyaksikan keduanya & urutan kedua dengan 59 orang(47,2%) hanya pernah menyaksikan Indonesian Idol 2007. Dan yang pernah menyaksikan Mamamia Show 2007 berjumlah 6 orang(4,8%). Informasi yang ditampilkan ini memperlihatkan kecenderungan bahwa acara TV Indonesian Idol 2007 lebih mendominasi prosentase yang cukup besar disbanding acara TV Mamamia Show 2007. Pengolahan data lebih lanjut menggunakan software SPSS15 terhadap 23 atribut faktor yang mempengaruhi sikap audience terhadap product placement acara TV. Berdasarkan output pada tabel didapatkan angka KMO Measure of Sampling Adequacy sebesar 0,862 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 pada Bartlett’s Test of Sphericity(BTS). Angka KMO 0,862 berada diatas 0,5 & signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga variable&data diatas dapat dianalisis lebih lanjut.angka KMOdiatas 0,5 menunjukkan bahwa sample mencukupi untuk analisis faktor. BTS senilai 1480,343(p<0,001)mengidentifikasikan>

Hasil penelitian ini nilai the variance explanined yang dihasilkan adalah 63,823% dgn besar prosentase untuk masing-masing faktor yaitu acceptance(18,923%), ethics & regulation(14,978%), attention(13,844%), reference(9,139%)& interest(6,939%). Maka kesimpulan yg diperoleh yaitu : 1) Product/Brand placement dalam hal ini memang merupakan fenomena yg berbeda bagi audience Indonesia, dimana berbagai media alternative/support media bisa menhadi wadah untuk placement bagi merek produk perusahaan. 2) Menampilkan ide baru berpromosi kreatif dgn jelas teramati&dianggap salah satu kunci penting keberhasilan ini. 3) Salah satu implikasi manajerial ttg peran iklan maupun Product/Brand placement terlihat pd sikap audience. 4) Didapatkan variable-variabel pernyataan dari audience yg menunjukkan kecenderungan sikap tertentu, dimana pengiklan bisa mempertimbangkan hal-hal yg diinginkan& ingin di hindari dari variable pembentuk sikap audience tsb. 5) Secara umum dpt dilihat bhw responden pd penelitian ini menampilkan sikap yg netral&cenderung sedikit positif thdp penerapan Product/Brand placement dlm acara TV yng dijadikan studi kasus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar