SRI RAHAYU-11207045-3EA01
Faktor yang Mempengaruhi Sikap Audience Terhadap Product/Brand Placement dalam Acara TV (Studi Kasus Indonesian Idol 2007 & Mamamia Show 2007)
Leonid Julivan Rumambi
Fakultas Ekonomi Universitas Kristen
Email: Scylics@petra.ac.id / Leonid.julivan@gmail.com
Blog: Http://scylics.multiply.com
Masalah&Latar belakang penelitian ini adalah Product/Brand placement merupakan suatu strategi yang dilakukan oleh banyak perusahaan pengiklan untuk menampilkan produknya dengan kesan bahwa keberadaan produk tsb seolah-olah menjadi bagian dari suatu tayangan. Melihat demikian luasnya peran Product/Brand placement dalam media partisipasinya untuk dapat meningkatkan penjualan produk maka peneliti ingin meneliti sikap audience terhadap Product/Brand placement dalam acara TV.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor utama yang mempengaruhi sikap audience terhadap product placement pada acara TV Indonesian Idol 2007 & Mamamia Show 2007. Dan untuk mengkaji faktor-faktor utama baru yang terbentuk dibandingkan dengan 4 faktor utama sebelumnya (attention, acceptance, ethics & regulation serta reference) beserta dengan 23 variabel yang menyusun/ membentuk faktor-faktor tersebut.
Populasi penelitian ini adalah audience dari acara TV Indonesian Idol 2007 & Mamamia Show 2007, dimana pengambilan sampel dilakukan secara non-probability sampling. Dalam non-probability sampling setiap unsur dalam populasi tidak memiliki kesempatan atau peluang yang sama untuk dipilih sebagai sample, bahkan probabilitas anggota populasi tertentu untuk dipilih tidak diketahui. Pemilihan unit sampling didasarkan pada pertimbangan/ penilaian subyektif & tidak pada penggunaan teori probabilitas. Jenis non-probability sampling yang dipilih adalah convenience sampling yang merupakan teknik non-probability sampling yang memilih orang-orang dari tempat/unit yang paling mudah dijumpai/diakses. Dari 185 kuesioner yang disebarkan yang dapat diolah sebanyak 125 kuesioner sampai tanggal
Hasil penelitian ini nilai the variance explanined yang dihasilkan adalah 63,823% dgn besar prosentase untuk masing-masing faktor yaitu acceptance(18,923%), ethics & regulation(14,978%), attention(13,844%), reference(9,139%)& interest(6,939%). Maka kesimpulan yg diperoleh yaitu : 1) Product/Brand placement dalam hal ini memang merupakan fenomena yg berbeda bagi audience
Tidak ada komentar:
Posting Komentar