Jumat, 13 November 2009

PERILAKU KONSUMEN

Mudik Di Hari Raya

Mudik merupakan salah satu yang sudah menjadi agenda setiap tahunnya bagi warga indonesia menjelang lebaran. Banyak orang yang menantikan saat lebaran untuk bertemu dengan sanak saudara yang jarang atau sulit bertemu jika kalau bukan saat lebaran yang salah satunya bisa disebabkan karena pekerjaan atau biaya transportasi yang cukup mahal. Fenomena mudik ini juga membuka peluang yang besar bagi jasa transportasi untuk memperoleh keuntungan. Seperti jasa transportasi : bus, jasa travel, kareta api, pesawat terbang, kapal laut tentu dengan berbagai pilihan kelas yang disediakan untuk memudahkan para pemudik . Para penyedian jasa pelayanan pun berlomba-lomba untuk menawarkan jasa transportasi mereka untuk mempengaruhi para calon penumpang atau pemudik untuk menggunakan jasa mereka. Mulai dari menawarkan harga tiket yang lebih murah atau pun seperti penawaran yang lain yang lebih menarik. Walaupun biasanya harga yang ditawarkan sebenarnya lebih tinggi dari harga yang biasanya.
Tetapi sebagian orang ada yang memilih suatu layanan jasa transportasi walaupun harga yang ditawarkan lebih mahal. Hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari luar maupun dari dalam seperti seorang pemudik lebih memilih menggunakan pesawat terbang karena lebih cepat sampai, kenyamanan, keamanan yang terjamin menurut pemudik dan pemudik serta keluarganya yang juga sering menggunakan jasa maskapai tersebut. Ada juga pemudik yang rela naik kereta api yang penuh sesak dan belum tentu juga mendapat tempat duduk yang dipengaruhi oleh faktor ekonomi dan motivasinya hanya bisa pulang kampung dan bertemu sanak saudaranya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar