Jumat, 26 November 2010

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Aqua

Program Lestari Dari DANONE AQUA Dirasakan Manfaatnya Oleh Masyarakat Terpencil

Megapolitanpos.com : JAKARTA – 13 Oktober 2009: DANONE AQUA hari ini mengumumkan bahwa sejalan dengan salah satu program Millenium Development Goals (MDGs) dari PBB yaitu menyediakan akses air bersih untuk masyarakat, DANONE AQUA telah berhasil memberikan akses air bersih kepada puluhan ribu warga di daerah perkampungan, sebagian besar di kawasan terpencil melalui program LESTARI WASH (Water Access, Sanitation & Hygiene).
Program ini menegaskan posisi DANONE AQUA yang unik sebagai perusahaan yang secara konsisten melakukan program-program sosial untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Kontribusi LESTARI WASH terbaru adalah peran sertanya dalam program pemerintah daerah Serang berupa program peningkatan kualitas kampung di desa Curug Goong, Kecamatan Padarincang, Kabubaten Serang yang baru saja diresmikan minggu lalu. Program peningkatan kualitas kampung tersebut mencakup penyediaan rumah, penghijauan dan penyediaan akses air bersih dan sanitasi dimana LESTARI WASH mengambil peranan. Program WASH di Desa Curug Goong yang dimulai Juni 2008 tersebut meliputi dua kegiatan utama, yaitu kegiatan penyediaan akses air bersih dan sanitasi lingkungan yang memberi manfaat besar kepada lebih dari 1.700 warga desa. Sebelumnya warga mendapatkan air bersih dari sumber air yang letaknya jauh dari desa dan belum ada fasilitas yang dibangun untuk memperpendek jarak akses air bersih tersebut.

Yann Brault, Direktur Corporate Social Responsibility (CSR), DANONE AQUA, mengatakan, ”Bekerja sama dengan multi pihak termasuk lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang berpengalaman di sektor pelestarian lingkungan dan air bersih, Rekonvasi Bhumi, DANONE AQUA, warga masyarakat Curug Goong, maupun pemerintahan setempat maka telah terwujud fasilitas-fasilitas air bersih berupa sumur bor, menara air, instalasi pemipaan, fasilitas keran umum dan MCK (mandi-cuci-kakus). Kami telah membangun tiga fasilitas keran umum dan delapan fasilitas MCK yang dilengkapi dengan keran umum pula untuk masyarakat desa. Saat ini kami sedang mempelajari kemungkinan untuk menjalankan program penanggulangan sampah dan pertanian organik di area yang berdekatan, terutama di Desa Cipayung dan Cisaat, Padarincang.”

Program tersebut melengkapi serangkaian program LESTARI WASH lainnya seperti Program Air Bersih untuk Hidup Sehat di kampung Darmaga, Babakan Pari, dengan menyediakan instalasi pompa, penampungan air, fasilitas sanitasi, dan air bagi ratusan warga; Program Satu Liter Untuk Sepuluh Liter di yang sekarang berjalan di Nusa Tenggara Timur dan Timur Tengah Selatan, dimana pada akhir 2011 ditargetkan program ini menjangkau 70.000 orang di seluruh Indonesia.

Binahidra Logiardi, Sustainable Development & Social Responsibility, DANONE AQUA, menjelaskan ”Air merupakan kebutuhan mendasar bagi kita semua, namun tidak semua orang bisa mengakses air bersih dalam kehidupan sehari-hari. Banyak daerah di berbagai wilayah Indonesia, yang mengalami kesulitan untuk memperoleh air karena topografi daerah tersebut membutuhkan sistem infrastruktur pasokan air agar masyarakat dapat mengakses air bersih. Melalui program LESTARI WASH, DANONE AQUA berkontribusi secara aktif dan berkelanjutan untuk memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang berkaitan dengan penyediaan air bersih di Indonesia”.

LESTARI WASH, yang fokus kepada penyediaan akses air bersih dan kesehatan lingkungan, merupakan bagian dari program CSR (corporate social responsibility) global berkelanjutan AQUA LESTARI yang mulai diterapkan DANONE AQUA sejak tahun 2006. AQUA LESTARI merupakan suatu pendekatan sosial dan lingkungan komunitas yang inovatif serta multipihak dengan tujuan pelestarian lingkungan, terutama sumber daya air dan pemberdayaan masyarakat.

Program-program AQUA LESTARI lainnya meliputi perlindungan sumber air melalui reboisasi (penanaman ratusan ribu pohon di Gunung Merapi, Taman Nasional Gunung Salak, hutan agro organik, termasuk pembibitan), pertanian (model pertanian terpadu, pengairan), pendidikan (penyuluhan, program pendidikan berkesinambungan) dan sosial-ekonomi (pencegahan banjir, pengobatan gratis, khitanan massal). Seluruh program didisain sesuai kebutuhan dari masyarakat dan sejalan dengan panduan ISO 26000 tentang tanggung jawab sosial perusahaan.

Tanggung jawab sosial DANONE AQUA merupakan bagian dari tanggung jawab korporat perusahaan yang memiliki komitmen untuk melindungi sumber air di Indonesia. Oleh karena itu tanggung jawab AQUA bahkan sudah dimulai sejak melakukan penyeleksian mata air karena tidak semua mata air pegunungan bisa menjadi sumber air AQUA.

Wahyu Triraharja, Manajer Pengelolaan Sumber Daya Air DANONE AQUA mengatakan, “Mata air pegunungan kami mewakili sebagian sumber air alami terbaik di Indonesia. Hal ini dikarenakan kami memilih sumber mata air kami dengan seksama. Sumber mata air tersebut haruslah memenuhi kriteria yang sangat spesifik. Jika mata air tersebut memenuhi kriteria awal ini, maka sumber mata air tersebut kemudian menjalani tahap proses seleksi yang mencakup penelitian intensif yang dilakukan oleh beberapa tim ahli serta sesuai dengan peraturan pengelolaan air yang berlaku. Oleh karena itu tidak mengherankan jika tidak semua mata air pegunungan bisa menjadi sumber air AQUA.”

Saat ini AQUA memiliki 11 mata air pegunungan di seluruh Indonesia dan masing-masing mata air tersebut dipilih dengan seksama sehingga pelanggan di Indonesia dapat menikmati kebaikan alam setiap saat mereka minum AQUA.( Ahmad Romdoni)

SUMBER : http://megapolitanpos.com/dki-jakarta/717-program-lestari-dari-danone-aqua-dirasakan-manfaatnya-oleh-masyarakat-terpencil.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar